Cara Membuat SplashScreen Video Pada Android Studio

Cara Membuat SplashScreen Video Pada Android Studio --> Hallo kali ini saya akan menunjukan bagaimana sih cara membuat splash screen dari video? biasanya kan kita membuat sebuah splash screen itu hanya dengan berupa gambar yang diset sepersekian detik agar aplikasi kita terlihat lebih elegan dan profesional.

Nah kali ini saya akan memberikan sebuah tutorial sederhana cara membuat splash screen dengan video menggunakan android studio.

1. Pertama tama buat video dengan ukuran default android biasanya sih dengan ukuran 480 x 800 , biasanya saya menggunakan adobe flash ataupun dengan adobe after effect untuk membuat video splash screen tapi jika kalian dapat menggunakan software lain saya hanya bisa ucapkan monggo :D



Nah sebagai langkah awal membuat video splash screen kalian dapat menggunakan video yang sudah jadi dari mas Icaksama.com saya mengambil dari sana, kalian dapat mendownloadnya disini


Contoh Video

Video Portrait

Kalian dapat menggunakan video diatas sebagai tahap pembelajaran awal.

2. Kemudian kalian buat sebuah projek baru di android studio, dan pada activity_main.xml masukan script berikut :

<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<RelativeLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
    android:layout_width="fill_parent"
    android:layout_height="fill_parent" >
    <VideoView
        android:id="@+id/videoView1"
        android:layout_width="fill_parent"
        android:layout_height="fill_parent"
        android:layout_alignParentBottom="true"
        android:layout_alignParentLeft="true"
        android:layout_alignParentRight="true"
        android:layout_alignParentTop="true" >
    </VideoView>
</RelativeLayout>

3. Pada ActivityMain.java masukan script berikut :

MediaPlayer mediaPlayer;
@Override
protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
    super.onCreate(savedInstanceState);
    setContentView(R.layout.activity_main);
    getWindow().setFormat(PixelFormat.UNKNOWN);
    VideoView videoView = (VideoView) findViewById(R.id.videoView1);
        //sesuaikan nama package dengan aplikasi kamu
    String path = "android.resource://com.icaksama.splashscreenvideo/"
            + R.raw.atoompotrait;
    Uri uri = Uri.parse(path);
    videoView.setVideoURI(uri);
    videoView.requestFocus();
    videoView.start();
    videoView.setOnCompletionListener(new OnCompletionListener() {
        @Override
        public void onCompletion(MediaPlayer arg0) {
            //program untuk berpindah ke activity lain
                        //Contoh : startActivity(new Intent(getBaseContext(), OtherActivity.class));
            finish();
        }
    });
}

4. Kemudian Terakhir Pada AndroidManifest.xml nya kalian bisa tentukan posisi android dengan orientation:portrait. Sekian Tutorial cara membuat splashscreen video kali ini, Mudah Bukan??

Jika kalian membuatuhkan projeknya, kalian bisa download disini

atau https://github.com/icaksama/Splashscreen-Video-Android  

Semoga bermanfaat 
Share on Google Plus

About reza

Hallo, nama saya Muhamad Reza Maulana Si tampan dari gua hantu :D , Saya seorang mahasiswa yang siap menghadapi Tugas Akhir, Ketertarikan saya belajar android ketika alkisah saya bekerja disebuah perusahaan start up yang mengharuskan saya untuk belajar android studio, ketika pertama kali saya belajar banyak sekali kendala beruntung banyak sekali mastah-mastah android yang mengajari saya. Dari sana saya bertekad untuk berbalas budi dengan memberikan sedikit pengetahuan saya kepada teman-teman seperjuangan dalam pemahaman android meskipun saya sendiri masih newbie , but saya yakin ilmu dapat mempersatuan semua :D Dengan Sedikit sharing pengalaman,masalah ataupun tutorial di website ini semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua, sekian ceramah kali ini terima gajih, eh kasih :D
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar