Membuat Fungsi Print di AdobeFlash ( AS2 )



http://mozilla-learning.blogspot.co.id/2015/11/membuat-fungsi-print-di-adobeflash-as2.html 

        Membuat Fungsi Print di AdobeFlash ( AS2 ) >>  Hallo Sahabat Mozilla, kali ini saya akan membuat sebuah tutorial dasar dari program adobe flash yaitu tentang Cara Membuat Fungsi Print di Adobe Flash dengan menggunakan ActionScript 2.

    Nah curcol sedikit, pada program adobe flash yang masih menggunakan ActionScript 2 biasanya masih berbasis Dekstop, nah tutorial kali ini sangat bermanfaat jika nantinya kalian ingin menerapkan sistem program kalian dengan menambahkan fiture print, namun tutorial ini masih sangat sederhana jadi kalian harus mengembangkannya lagi.

Untuk membuat Fungsi Print di AdobeFlash pertama-tama kalian buat teks terserah diisi apa aja karena sebagai data di print saja , kemudian buat menjadi Movie Clip dan beri nama Movie Clip tadi didalam instance_name dengan PrintText.

  
 
Kemudian Buat sebuah tombol Print yang nantinya berfungsi  untuk mengeksekusi hasil dari proses print dokumen

Pilih Tombol yang barusan dibuat kemudian masuk ke menu action atau menekan tombol F9, dan masukan script berikut 

on (release) {
  PrintFunc([PrintText]);
}

Jika sudah selesai tekan Frame 1 dan masuk ke menu action ( F9 ) dan masukan script berikut 


function PrintFunc(WhatToPrint:Array) {
    var PrintQueue = new PrintJob();
    var PrintStart:Boolean = PrintQueue.start();
    if (PrintStart) {
        for (i=0; i<=WhatToPrint.length; i++) {
            PrintQueue.addPage(WhatToPrint[i]);
        }
        PrintQueue.send();
    }
}

Dan terakhir silahkan kalian coba program dengan menekan tombol Ctrl + Enter

Jika Berhasil maka akan muncul perintah print seperti ini



Untuk Hasil Projeknya bisa langsung download disini
https://tusfiles.net/utp4uf18g0a9






Semoga bermanfaat :)




Share on Google Plus

About reza

Hallo, nama saya Muhamad Reza Maulana Si tampan dari gua hantu :D , Saya seorang mahasiswa yang siap menghadapi Tugas Akhir, Ketertarikan saya belajar android ketika alkisah saya bekerja disebuah perusahaan start up yang mengharuskan saya untuk belajar android studio, ketika pertama kali saya belajar banyak sekali kendala beruntung banyak sekali mastah-mastah android yang mengajari saya. Dari sana saya bertekad untuk berbalas budi dengan memberikan sedikit pengetahuan saya kepada teman-teman seperjuangan dalam pemahaman android meskipun saya sendiri masih newbie , but saya yakin ilmu dapat mempersatuan semua :D Dengan Sedikit sharing pengalaman,masalah ataupun tutorial di website ini semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua, sekian ceramah kali ini terima gajih, eh kasih :D
    Blogger Comment
    Facebook Comment

4 komentar:

  1. Balasan
    1. Reza kelas karyawan pa temenna opik :D

      Hapus
  2. kalo langsung print tanpa pop up pilihan printer gmn ya gan?

    BalasHapus
  3. Kalau datanya panjang bisa sampai beberapa halaman gak?

    BalasHapus