Privacy Police Bebunge

 

 Privacy Police Bebunge

Apa itu Bebunge ?

Aplikasi Bebunge adalah Bebunge adalah One-Stop Portal Service milik Dinas Komunikasi, Informatika, Encoding dan Statistik Kab. Bekasi. Dengan adanya Bebunge, masyarakat akan mendapatkan informasi tentang program pemerintah dan informasi lainnya. Aplikasi Bebunge berfungsi sebagai aplikasi pengaduan dan aspirasi masyarakat yang selanjutnya akan diteruskan ke bagian terkait untuk ditindaklanjuti. Bebunge juga berfungsi sebagai sarana bagi masyarakat untuk menikmati pelayanan publik yang disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi.

Aplikasi ini dikhususkan untuk masyarakat kabupaten bekasi, dengan menggunakan aplikasi ini masyarakat dapat serta menggunakan fitur-fitur yang ada di bebunge, seperti bebeli, PSC, informasi layanan kebutuhan, informasi kesehatan, layanan dokter, layanan rumah sakit, informasi transportasi, pendaftaran kartu kuning, dan lainnya.

Layanan Kartu Kuning

Pada layanan kartu kuning terdapat fitur untuk melakukan pendaftaran online dengan menggunakan aplikasi bebunge, jadi masyarakat tinggal mengisi formulir secara online pada fitur Kartu Kuning, data ini akan ditampung terlebih dahulu oleh admin untuk layanan database kependudukan.

Layanan Bebeli

Pada layanan fitur bebeli masyarakat dapat melakukan pembelian barang yang dikhususkan kepada para pengguna pns yang sudah terdaftar di API Sikawan

Informasi Jadwal Shalat

Layanan ini menampilkan informasi jadwal shalat sesuai dengan lokasi terkini dari pengguna, dengan memanfaatkan API dari Google Map.

B. Perolehan dan Pengumpulan Data

  1. Aplikasi Bebunge bertujuan untuk mengumpulkan data-data transaksi yang diambil dari fitur bebeli, salah satu fitur unggulan yang ada di aplikasi bebeunge. data data yang ditampung dari masyarakat nantinya dapat digunakan sesuai maksud dan tujuannya, untuk menunjang efisiensi kinerja, dan untuk meningkatkan kualitas layanan Aplikasi Bebunge..

  2. Data yang Platform Bebeli yang dikumpulkan meliputi Data Pribadi, Metadata, dan informasi lainnya yang Pengguna berikan secara langsung maupun yang terkumpul secara otomatis pada aplikasi Bebunge.

  3. Data Kartu Kuning, Data yang diserahkan oleh Pengguna secara mandiri, termasuk namun tidak terbatas diserahkan pada proses :
    - Pengisian Formulir Kartu Kuning pada aplikasi Bebunge, termasuk di antaranya Nama Lengkap, No KTP, Tanggal Pendaftaran, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Jenis Kelamin, Kecamatan, ALamat Lengkap, Nomor HP, Email, Kode POS, Status Perkawinan, Agama, Tinggi Badan, Berat Badan, Surat Izin Mengemudi, Pendidikan Terakhir, Jurusan, Tahun Lulus, NEM, Keterampilan, Bahasa Asing, Jabatan, Uraian Tugas, Lama Kerja, Nama perusahaan, Jabatan Harapan, Gaji Harapan, Lokasi Harapan, Wilayah Harapan


C. Penggunaan Data

  1. Aplikasi Bebunge dapat menggunakan Data yang dikumpulkan untuk tujuan-tujuan berikut ini, maupun untuk tujuan lain yang diizinkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku, antara lain:
    - Mengidentifikasi dan memproses permohonan penggunaan Aplikasi Bebunge, termasuk memfasilitasi atau melakukan verifikasi apapun yang menurut pertimbangan kami dengan diperlukan untuk kepentingan penggunaan Aplikasi Bebunge dan/atau penerapan prinsip mengenal pelanggan (Know Your Customer);
    - Menyediakan layanan Aplikasi Bebunge.

  2. Penggunaan dan penyimpanan Data akan dilakukan Aplikasi Bebunge menurut ketentuan hukum yang berlaku.

  3. Data, termasuk Data Pribadi Pengguna, hanya akan disimpan selama diperlukan untuk memenuhi tujuan dari pengumpulannya, atau selama penyimpanan tersebut dipersyaratkan atau diperbolehkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku. Bebunge akan berhenti menyimpan Data Pribadi segera setelah dianggap bahwa tujuan pengumpulan dan penyimpanan Data Pribadi tersebut tidak lagi dipersyaratkan untuk tujuan layanan Aplikasi Bebunge atau secara hukum.

  4. Pengguna mengakui dan menyetujui bahwa terdapat kemungkinan data, termasuk Data Pribadi Pengguna, secara wajar diperoleh dan disimpan oleh Aplikasi Bebunge, dan dengan ini menyetujui untuk membebaskan Bebunge(dan setiap pejabat, direktur, komisaris, karyawan, agen, afiliasi, mitra, pemasok, dan kontraktor) dari dan terhadap segala klaim, kerugian, kewajiban, biaya, kerusakan, dan ongkos (termasuk tetapi tidak terbatas pada biaya hukum dan pengeluaran ganti rugi penuh) yang timbul sebagai akibat dari Keadaan dan/atau kegagalan teknologi dalam bentuk penggunaan, penyimpanan dan/atau pengungkapan data, termasuk Data Pribadi Pengguna, secara tidak sah atau melawan hukum.

 D. Pemberian atau Pengungkapan Data

  • Pengguna menyetujui pemberian atau pengungkapan data, termasuk Data Pribadi Pengguna, oleh Bebunge kepada pihak ketiga yang secara wajar diperlukan untuk meningkatkan kinerja dan kualitas Aplikasi Bebunge , mengembangkan fitur-fitur Aplikasi Bebunge, layanan, dan produk yang Bebunge tawarkan, antara lain, untuk melakukan pemeliharaan berikut pengelolaan sistem, perangkat, serta jaringan Bebunge, kepada konsultan, auditor, penyedia jasa, dan/atau penasihat profesional.

  • Bebunge dapat memberikan atau mengungkapkan data, termasuk Data Pribadi Pengguna, dalam hal dipersyaratkan oleh penetapan atau putusan pengadilan, perintah, atau keputusan dari institusi yang berwenang, untuk memenuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku, atau dalam hal terjadi proses hukum, pengambilan tindakan pencegahan lebih lanjut sehubungan dengan aktivitas yang tidak sah atau tidak berwenang, atau dugaan tindak pidana atau pelanggaran hukum.

  • Bebunge akan melakukan upaya yang wajar untuk menghapus Data Pribadi yang tidak relevan sebelum memberikan atau mengungkapkan data, termasuk Data Pribadi Pengguna.

  • Aplikasi Bebunge dapat menghilangkan bagian-bagian tertentu dari Data Pribadi Pengguna yang dapat mengidentifikasikan Pengguna, sehingga menjadi data anonim, dan mengungkapkan data anonim tersebut kepada pihak ketiga. Bebunge juga dapat mengkombinasikan Data Pribadi Pengguna dengan informasi-informasi lain sedemikian rupa sehingga informasi tersebut tidak lagi terasosiasi dengan Pengguna, kemudian mengungkapkan informasi yang telah dikombinasikan tersebut kepada pihak ketiga.

  • Bebunge tidak menjual, menyebarkan, atau menyewakan Data Pribadi Pengguna kepada pihak ketiga manapun.


 E. Pemberian atau Pengungkapan Data


F. PERMINTAAN IJIN LOKASI

Pada fitur ini di aplikasi bebunge, terpadat izin permision yang meminta pengguna untuk mengakses penggunaan izin lokasi, hal ini bertuujuan untuk meminta pengguna memperlihatkan lokasi terkini dari pengguna dengan tujuan untuk melihat lokasi pengguna, hal ini untuk mendukung beberapa fitur kami seperti jadwal lokasi, dan pada fitur PSC.

G. Pengamanan

Kerahasiaan atas Data Pribadi Pengguna merupakan hal yang sangat penting bagi Aplikasi Bebunge.Aplikasi Bebunge berupaya dan mengambil langkah-langkah yang secara wajar dilakukan untuk melindungi keamanan data, termasuk Data Pribadi Pengguna, antara lain melalui penggunaan teknologi untuk mengacak jalur komunikasi antar komputer sehingga tidak dapat dibaca oleh pihak lain. Namun, Bebunge tidak dapat sepenuhnya menjamin bahwa sistem Aplikasi Bebunge benar-benar tidak dapat ditembus oleh virus, malware, gangguan, peretasan, pelanggaran hukum atau akses tidak sah oleh pihak ketiga.

H. Hak Akses dan Permohonan Perubahan atas Data Pribadi

Pengguna berhak untuk mengakses Data Pribadi Pengguna yang disimpan pada Platform Bebunge dengan menyampaikan permintaan akses email diskominfo_bekasi@gmail.com. Pengguna juga berhak untuk mengubah Data Pribadi yang disimpan, seperti alamat surel (email), nomor ponsel, kata kunci (password) dengan menyampaikan pemberitahuan tersebut dan informasi lainnya yang dibutuhkan oleh Platform Bebunge email diskominfo_bekasi@gmail.com.

I. Permohonan Penonaktifan dan/atau Penghapusan Akun serta Data Pribadi

  1. Pengguna berhak meminta penonaktifan dan/atau penghapusan akun dan Data Pribadi Pengguna yang disimpan pada Aplikasi Bebunge dengan menyepakati dan mematuhi persyaratan dan prosedur yang ditentukan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku, dengan cara mengajukan permintaan dan memberikan informasi yang dibutuhkan oleh Platform Bebunge melalui email diskominfo_bekasi@gmail.com dan/atau fitur penonaktifan dan/atau penghapusan akun, dengan syarat:
    - Kirim email menggunakan surel (email) yang terdaftar di Bebunge;
    - Foto kartu identitas terbaru;
    - Foto diri memegang kartu identitas.


J. Perubahan

Atas dasar diskresi Bebunge sendiri, Aplikasi Bebunge berhak untuk sewaktu-waktu mengubah Kebijakan Privasi dengan menyampaikan pemberitahuan kepada Pengguna. Pengguna dapat mengakses setiap perubahan Kebijakan Privasi ini pada Aplikasi Bebunge. Saat mengakses dan/atau menggunakan Aplikasi Bebunge , Pengguna mengakui telah mendapatkan, memahami, serta memberikan persetujuan terhadap perubahan ketentuan Kebijakan Privasi tersebut. Apabila Pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh perubahan Kebijakan Privasi, maka Pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan pada Platform Bebunge ini.

K. Hukum yang Berlaku dan Perselisihan

Kebijakan Privasi ini dan pelaksanaannya diatur oleh dan tunduk pada hukum Indonesia.

Para Pihak sepakat untuk menyelesaikan setiap perselisihan sehubungan dengan Kebijakan Privasi ini secara musyawarah mufakat. Apabila perselisihan tidak dapat diselesaikan secara musyawarah mufakat dalam waktu 30 (tiga puluh) hari kalender sejak diterimanya pemberitahuan tertulis oleh salah satu Pihak yang diberikan dari Pihak lainnya tentang timbulnya perselisihan, maka perselisihan dimaksud akan diselesaikan melalui Badan Arbitrase Nasional Indonesia yang berdomisili di Wahana Graha, Lt. 1 & 2, Jl. Mampang Prapatan No. 2, Jakarta 12760 (“BANI”).

L. Kontak

Pengguna dapat menyampaikan saran, permintaan, keluhan atau pertanyaan terkait Aplikasi Bebunge dapat mengirimkan email melalui diskominfo_bekasi@gmail.com. Bebunge akan melakukan verifikasi atas informasi atau data Pengguna sebelum menanggapi atau merespon saran, permintaan, keluhan, dan/atau pertanyaan Pengguna. Bebunge berhak untuk menolak dalam memproses atau merespon saran, permintaan, keluhan, dan/atau pertanyaan Pengguna saat informasi atau data yang diberikan Pengguna tidak sesuai dengan informasi atau data yang tertera pada sistem Bebunge . 

Proses verifikasi hingga pemberian tanggapan atau respon untuk saran, permintaan, keluhan, dan/atau pertanyaan Pengguna dilakukan sesuai dengan Kebijakan Privasi serta kebijakan dan prosedur internal Bebunge yang berlaku dari waktu ke waktu.


Share on Google Plus

About reza

Hallo, nama saya Muhamad Reza Maulana Si tampan dari gua hantu :D , Saya seorang mahasiswa yang siap menghadapi Tugas Akhir, Ketertarikan saya belajar android ketika alkisah saya bekerja disebuah perusahaan start up yang mengharuskan saya untuk belajar android studio, ketika pertama kali saya belajar banyak sekali kendala beruntung banyak sekali mastah-mastah android yang mengajari saya. Dari sana saya bertekad untuk berbalas budi dengan memberikan sedikit pengetahuan saya kepada teman-teman seperjuangan dalam pemahaman android meskipun saya sendiri masih newbie , but saya yakin ilmu dapat mempersatuan semua :D Dengan Sedikit sharing pengalaman,masalah ataupun tutorial di website ini semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua, sekian ceramah kali ini terima gajih, eh kasih :D
    Blogger Comment
    Facebook Comment

4 komentar:

  1. Kenapa tidak bisa daftar booking online, setiap memasukan kode selalu tidak bisa alias kadaluarsa mohon masukan nya

    BalasHapus
  2. Apk ga jelas ga bisa membantu

    BalasHapus
  3. Lama banget buat kartu kuning aja

    BalasHapus
  4. Aplikasi ora danta.

    BalasHapus